Trisemester 3: C-Section It Is..

Keputusan itu akhirnya tiba. Tepat pada kontrol rutin di 37w 3d, dokter kandungan gw akhirnya memberikan keputusan tentang opsi kelahiran anak gw secara normal atau harus melalui operasi caesar.

Keputusan itu diambil berdasarkan hasil pemeriksaan retina mata yang sudah gw lakukan tepat di minggu ke 37, yang menyatakan bahwa ada penipisan atau degenerasi pada saraf retina mata gw. Dokter mata gw itu kemudian mengatakan bahwa dengan adanya penipisan tersebut, kegiatan mengejan pada proses kelahiran normal memiliki resiko lepasnya saraf retina dengan kategori resiko sedang hingga tinggi.

Membaca rekomendasi yang dituliskan oleh dokter mata itu, dokter kandungan gw pun memutuskan untuk operasi caesar. Begini kira-kira percakapan gw, suami & dokter kandungan gw:

Gw: “Pagi, Dok.” *sambil senyum*😀

Dokter: *masih serius ngebaca hasil rekomendasi dari dokter mata di arsip rekam medis gw*

– Hening sekian detik di ruang praktek –

Dokter: “Gimana nih, hasilnya jelek ya?” *sambil merengut kemudian nerusin baca*

Gw & Suami: *nyengir*

Dokter: “Serem banget kalo begini, resikonya sedang sampai tinggi. Kalo resikonya masih minimal sih gpp deh normal.”

Suami: “Iya, Dok. Jadi gimana menurut Dokter?”

Dokter: “Ya udah, apa boleh buat, harus caesar. Jadi kapan nih maunya?”

– Gw & suami liat2an, bingung –

 Dokter: “Ya udah, ayo kita cek dulu baby-nya gimana.”

– Proses USG dimulai – (Obrolan selama USG ga usah gw tulis kali ya, kebanyakan).:mrgreen:

– Setelah USG selesai & kembali duduk di kursi praktek –

Dokter: “Sekarang kan masuk minggu 37, minggu depan udah 38. Baiknya dilakukan setelah minggu ke 38, berarti setelah tanggal 15 Februari.”

Gw: “Hah? Ga bisa nunggu gajian, Dok?” Seriusan kalimat ini keluar begitu aja mengingat suami gw baru aja pindah kerja & biaya istri melahirkan belum ditanggung perusahaan alias pribadi.

– Bidan yang assisting dokternya cekikikan –

Dokter: *nyengir* “Ya bisa aja, tapi kan percuma kalo udah ketauan ga bisa normal gini masih harus ngerasain mules, nanti keburu mules2 malah lupa lagi kalo ga boleh ngejan.”

Gw: “O gitu ya, Dok.” *sambil nengok2 ke suami gw*

Anw, jadilah PR kami sepulang kontrol itu adalah menentukan tanggal untuk operasi caesar. *Jadi, kamu mau lahir di tanggal berapa, Kakak Bayi?* 😀

15 Responses to Trisemester 3: C-Section It Is..

  1. Avant Garde says:

    14 Februari 2014 (14 02 2014) tanggal cantik hahaha

  2. Arman says:

    good luck ya.. moga2 lancar dan sehat2 semua🙂

  3. quinie says:

    oww gitu yang vin. semoga lancar ya sesarnya. btw, tanggal 15 gua kontrol 36w, nanti insya allah gua mampir ke ruang VK🙂. ciayooooo…

    ahahaha… emberrrr, si dokter kadang tidak mempertimbangkan kapan hari gajian tiba yak. padahal kan untuk masuk kudu deposit dulu. sama kaya obsgyn gua, kontrol hari jumat malem, hari sabtu pagi suruh masuk rawat inap untuk persiapan operasi ikat cervix. boro2 nunggu gajian. ahahahaha. gimana gag puyeng?! *curcol

  4. amelkucing says:

    Smg semakin sehat & kuat mendekati hari bersalin Viiin *kecup*

  5. Ferry says:

    Tanggal 17 ajaaah .. Kereeenn

  6. ranty says:

    Hai mba, salam kenal sy Ranty, kalau boleh tau memang matanya minus berapa ya? Soalnya aku minus jg nih hehe

Leave a Reply

