Trisemester 3: Belanja Perlengkapan Bayi..

Kira-kira di usia kehamilan bulan keenam, gw mulai browsing-browsing apa saja keperluan bayi baru lahir itu. Googling sana sini & gw pun terkaget-kaget dengan banyaknya daftar barang yang sebelumnya ga pernah terlintas di pikiran & pengetahuan gw. Hahahaha.. Maklum, gw nyaris ga pernah berurusan dengan bayi. Kalopun ngasih kado teman yang baru melahirkan, gw cuma ikutan patungan & ngikut aja apa barang yang akan dibeli sebagai kadonya.

Ternyata keperluan bayi itu bukan cuma sekedar popok & pakaian ya. Bahkan gw juga baru tau kalo feeding set yang selama ini jadi pilihan andalan untuk jadi kado itu sebenarnya ga kepake untuk bayi baru lahir. Belum lagi ternyata ibu melahirkan juga punya keperluan semacam baju kancing depan, gurita & pembalut melahirkan. Bah.. Kemana aja gw selama ini ya?:mrgreen:

Lucunya, bukan gw aja yang gatel kepengen belanja, tapi suami gw juga. He is so excited on baby gear such as stroller & car seat. Haha, tipikal bapak2 baru banget ya..๐Ÿ˜› Larangan belanja sebelum 7 bulan? Ga berlaku pada kami, orangtua gw & suami bukanlah orangtua yang saklek melarang kami belanja perlengkapan bayi sebelum usia kandungan 7 bulan. Etapi dengan adanya lampu hijau dari orangtua itu, ga bikin gw & suami langsung belanja juga sih, kami memilih untuk survei-survei toko & harga dulu. Sebenarnya sih sekalian nungguin kas keras buat belanja juga.ย Kami survei ke 3 lokasi ITC yaitu ITC Cempaka Mas, ITC Kuningan & Giant Mega Mall Bekasi (percaya deh, ini bukan mall walaupun namanya mall)๐Ÿ˜€ Dan akhirnya kegiatan belanja itu dilakukan setelah usia kehamilan 7 bulan ย juga. Hehehe..:mrgreen:

Dari ketiga lokasi itu, gw & suami sreg dengan 3 toko ini:

  • Dunia Toys di ITC Cempaka Mas Lt. Dasar Blok G No. 595-598;
  • Fany Baby di ITC Kuningan Lt. 4 Blok B2 No. 1-2 ;
  • Happy Baby Shop di Giant Mega Mall Bekasi Lt. UG No. 157-158.

Menurut hasil survei kami, harga di ketiga toko ini cenderung lebih murah daripada harga di toko sejenis lainnya di lokasi yang sama. Btw, ini hasil pada saat kami survei loh ya, jangan dijadikan acuan apalagi ngomel ke kami kalo ternyata harganya lebih mahal daripada toko lain.:mrgreen: Jadi semua perlengkapan anak gw ketika lahir nanti sudah kami beli di ketiga toko tadi. Eh, ada beberapa barang yang beli di Carrefour & Matahari juga deh.๐Ÿ˜€ Fyi aja, segala belanjaan ini kami cicil hingga 6 sesi belanja, selain karena mobil kami ga muat untuk ngangkut kalo belanja sekaligus, gw juga sering kelamaan mikir apakah suatu barang itu perlu dibeli atau ngga atau perlu ditambah jumlahnya atau ngga. Hehehehe..๐Ÿ˜€

Truz, apa aja barangnya? Buanyakkk..:mrgreen: Ini adalah daftar perlengkapan bayi baru lahir yang gw beli. Gw convert juga daftarnya ke PDF: 212 Notes Newborn Needsย , siapa tau ada pembaca yang butuh buat jadi acuan pas belanja. Gw ga nyantumin merk & quantity-nya ya, soalnya kan itu masalah selera & kebutuhan. Oiya, gw ga beli pakaian bayi sama sekali karena ada lungsuran. *Thank you buat lungsurannya, Mba Irma & Kakak Amelia*ย ๐Ÿ˜€

212 Notes: Newborn Needs

212 Notes: Newborn Needs

So, happy shopping Mom & Dad-To-Be!! ^^

13 Responses to Trisemester 3: Belanja Perlengkapan Bayi..

  1. hennypuji says:

    Hahahah… Lengkaaappp… Bisa buat acuan ntarrr kalau Dah da baby… Pelukpelukkk

  2. demaruko says:

    Dear mba hamil๐Ÿ˜€

    Betewe, itu check list barang pada dibeli semua yah?

    saya mah baru 9 weeks, ada niat mau nge-print list punya mba๐Ÿ˜€

    moga dimudahkan dan dilancarkan hingga saatnya tiba yah

    Salam Kenal

    • Vinna says:

      hai, salam kenal.. iya, yg ada di daftar itu barang2 yang gw beli aja..

      monggo diprint, mdh2an bermanfaat..๐Ÿ˜€

      aamiin.. sehat2 terus ya sampe melahirkan nanti..๐Ÿ™‚

  3. quinie says:

    cloth diaper *pampers yang bisa dicuci* kaga masuk bu?
    eh lu ga niat pake box ya?

  4. quinie says:

    eh iya, pembalut buat emaknya belom cin?

    • Vinna says:

      belom tu, abis menurut gw clodi kurang praktis krn ga bisa langsung buang.. *bukan emak2 go green*๐Ÿ˜› emang hemat sih, tapi perawatannya jg perlu khusus klo gw baca2.. sayang aja gt udh beli mahal tp gw ga telaten.. *alasan*

      iya gw ga pake box bayi, mau co-sleeping aja sama anak gw.. infonya co-sleeping sampe usia 3 tahun itu bikin bayi lebih ngerasa aman, nyaman & mengurangi stress buat bayi baru lahir.. unless lo perlu box bayi buat ‘ngurung’ bayi lo klo lg perlu beraktivitas.. insya Allah lewat 3 tahun udh ada kamar buat anak gw biar bisa belajar mandiri.. aamiin.. *lah, malah curhat*๐Ÿ˜€ lo pake box kah?

      pembalut buat emaknya selama di RS kan disediain yah, truz buat di rumah, gw niatnya pake pembalut biasanya aja, msh bnyk stoknya belom pada dibukain dr belom hamil soalnya.. hehehehe..

      • frozzy says:

        setujuuu….fany baby juga langganan gue. harganya ok lah, tapi barangnya paling cepet kosong karena laku banget.
        btw, gue juga nggak pakein si Bee clodi, mengingat dia lahirnya pas bulan musim hujan, jadi ga mungkin si insert clodi nan tebal itu bisa kering dalam sehari.
        siap-siap aja klo si bayik dah lahir, bakal lebih impulsif belanjanya. mwahahaha

      • quinie says:

        hehehe iya sih, kata temen gua juga kalo mo pake clodi kudu siap bersihin pupnya, kecuali kalo mau si baby sitter yang bersihin. hihihi. gua juga baru punya 1, mau nyoba dulu suka dukanya. ahahaha.

        gua sih rencananya pake box vin. soale gua pikir kalo co-sleeping, ntar ketiban emaknya yang lasak tidurnya. belum lagi kalo mau tidur bareng, tempat tidurnya harus dimodif jadi ga pake dipan, dan gua ga begitu suka gitu kalo kasur tanpa dipan. suka lembab bawahnya. tapi masih mikir nih, box segede2 gaban, sementara kamar gua minimalis. ahahahaha.

        iya ember di rs masih disediain. itu pembalut yang ujung2nya panjang supaya bisa ditarik2 kedepan atau kebelakang. iya sih ya pake pembalut yang biasa aja. tapi kata emak gua mendingan pake pembalut yang tanpa merk yang produknya supermarket2 besar yang bal2an gitu, lebih hemat katanya. tapi gua belum beli juga. ahahaha

        • frozzy says:

          hai quiniee…..lagi hamil juga toh ?? wuih…. bisa kumpul bocah nih nanti. hihihi…. btw, kayanya klo pembalut yang buat nifas mending pake yang biasa aja. kecuali mungkin untuk 10 hari pertama yah, kan rada banyak tuh, tapi tiap ibu juga beda2 dink kondisinya. gue dulu gitu, pke pembalut yang panjangnya naujibileh itu selama 10 hari pertama doang, abis itu pembalut biasa aja udah cukup kok.

          • quinie says:

            hai hai nunu. iya nu, gua beda 2 minggu sama vina. ow gitu ya, berarti pake pembalut dari RS aja dulu abis itu pake pembalut yang biasa buat mens ya. sipp deh.
            gag usah beli pembalut bal2an itu kan ya?

  5. iyus rusti says:

    Terimakasih banyak bunda
    Sangat membantu

Leave a Reply

