Trisemester 3: Pemeriksaan Fetomaternal..

30w 3d: gw semakin membesar.. :mrgreen:

30w 3d: gw semakin membesar..πŸ˜€

Trisemester 3 diawali dengan rasa pegal di punggung & panggul. Mungkin karena beban yang harus ditahan dari depan makin berat ya? Berat badan gw sendiri sudah naik sekitar 7 kg sejak awal hamil.πŸ˜€

Diagnosa HB rendah alias anemia yang gw alami bikin dokter kandungan gw merujuk gw untuk melakukan konsultasi fetomaternal. Apa itu fetomaternal? Ini penjelasan yang gw dapat dari dokter kandungan gw ya. Fetomaternal adalah pemeriksaan untuk kehamilan beresiko tinggi yang menganalisa detil tentang baik atau tidaknya fungsi organ-organ janin melalui USG 3 atau 4 dimensi. Berhubung di rumah sakit gw kontrol rutin, RSIA Hermina Galaxy, belum ada fasilitas tersebut, maka gw dirujuk ke RSIA Hermina Bekasi. PMO (Personal Maternity Officer) alias bidan yang selama ini membantu gw untuk memberikan informasi soal kehamilan & persalinan menyarankan gw untuk melakukan konsultasi fetomaternal di hari kerja saja karena kalo wiken penuh & nunggunya lama.

Dan karena konsultasi fetomaternal harus dilakukan setelah lewat minggu ke 28, maka gw memilih hari ulang tahun gw yang jatuh di hari Senin sebagai jadwal konsultasinya. Hehehe.. Alhamdulillah, suami gw bersedia untuk ambil cuti di hari itu. Hihiyyy!! Berbekal info bookingan yang sudah dilakukan oleh bidan & surat rujukan dari dokter kandungan gw, gw tiba di RSIA Hermina Bekasi jam 2 siang. Setelah ditimbang, cek tekanan darah & nunggu sekitar 30 menit, gw dipanggil masuk.

Deg-degan, Vin? Bangettt… Lebih tepatnya gw cemas bin khawatir akan hasil analisa USG janin gw. Ternyata setelah proses USG 3D selama 45 menit, alhamdulillah janin gw dinyatakan sehat & fungsi organnya pun normal. Cuma aja ada notching di perut kanan bawah gw. Apa itu notching? Notching itu semacam gangguan supply darah dari gw ke janin, yang ketika dicek itu aliran darahnya kurang deras. Overall, yang paling membahagiakan adalah pas ngeliat muka anak gw. Subhanallah… Rasanya semua sakit & cemas yang gw rasain hilang seketika. *Mama cinta sekali sama kamu, Nak.*Β ^^

Seminggu setelah fetomaternal, gw kontrol ke dokter kandungan untuk membawa hasilnya. Dokter gw lalu memberikan obat Fluimicin untuk diagnosa notching-nya. Obatnya enak, semacam Redoxon gitu yang dicemplungin ke dalam air terus diminum. Rasanya juga segar kaya jeruk. Fyi saja, Fluimicin ini sebenarnya adalah obat pengencer dahak pada batuk atau cairan pada flu, jadi bukan obat khusus untuk notching. Kenapa pakai obat ini? Karena obat ini punya efek antioksidan & efek ini lah yang digunakan untuk melancarkan aliran darah di perut kanan bawah gw.

Saat ini gw juga masih menunggu rekomendasi dari dokter kandungan gw perihal proses persalinan gw nanti, apakah bisa normal atau harus operasi caesar. Opsi operasi caesar muncul karena minus mata gw besar & baru di minggu 36 nanti gw disarankan untuk cek ketebalan retina di dokter spesialis mata. Plus, gw masih harus test prenatal akhir yang dijadwalkan di minggu 34, sekalian juga untuk cek apakah gw masih perlu untuk melakukan transfusi zat besi atau tidak.

Lalu keseruan apalagi di trisemester 3 ini? Jelas, jawabannya adalah mempersiapkan kamar & rumah untuk kehadiran anak gw & belanja perlengkapan bayiiii. Cerita soal persiapan & belanja perlengkapan bayi-nya akan ditulis terpisah yaaa.:mrgreen:

9 Responses to Trisemester 3: Pemeriksaan Fetomaternal..

  1. quinie says:

    bu, berat janinnya berapa selama trimester ketiga ini?
    jangan lupa, posting tentang milih namaπŸ˜€

  2. Avant Garde says:

    semoga lancar ya mbakπŸ˜€

  3. ayu says:

    bun, mau nanya fetomaternal usg 4D d hermina bekasi biayanya brp? krn aku rencana mau ke sana jg untuk usgnya, terima kasih.

  4. Irawati says:

    Bun, very happy to read this article, feel so touch when you could see your baby’ faceπŸ™‚

Leave a Reply

