Trisemester 1: Drama..

11w 6d: ngajak anak gw jalan-jalan ke Situs Liyangan di Temanggung.. ^^

11w 6d: ngajak anak gw jalan-jalan ke Situs Liyangan di Temanggung.. ^^

At the earliest, mood swing adalah drama paling parah di masa-masa awal gw hamil. Gw yang aslinya udah sensitif, jadi makin sensi. Dikit-dikit nangis & ngerasa kalo semua omongan orang lain itu bersayap. Terus, gw jadi gampang banget terharu, melankolis banget deh pokoknya. Selain makin sensi, gw juga jadi makin rewel & manja sama suami gw. Untung suami gw stock sabarnya berhektar-hektar. Hehehe…:mrgreen:

Lalu di sekitar 2 minggu awal setelah gw tau kalo gw hamil, gw jadi gampang banget capek, ngantuk & tidur. Di masa-masa ngantukan itu, gw bisa langsung tidur di mobil begitu berangkat ngantor & bangun ketika udah mau sampe kantor. Lalu sorenya pas dijemput suami, gw tidur lagi selama perjalanan pulang & bangun begitu udah sampe rumah. Sampe rumah pun, setelah beres-beres & makan malam, gw pun akan tidur sampe besokan paginya. Hehehe… Untungnya masa ngantukan ini ga berkepanjangan, kasian suami gw yang ditinggal tidur melulu.πŸ˜€ Buat bumil yang lagi mengalami masa-masa ngantukan ini, silakan dinikmati aja soalnya siapa tau di minggu-minggu berikutnya bakalan susah tidur kaya gw.πŸ™‚

Kalo masa ngantukannya ga lama-lama, ada keluhan yang betah banget berlama-lama nempel sama gw bahkan sampe trisemester 3 ini. Keluhannya bernama backpain alias sakit punggung. Sakit punggung ini pada akhirnya berimbas besar ke sulitnya gw beraktivitas bahkan tidur sekalipun. Keluhan ini juga yang jadi salah satu pertimbangan gw memutuskan untuk resign dari kantor. Awalnya sakit punggung berkepanjangan ini diduga berasal dari tingginya produksi asam lambung gw. Sekedar info yang gw dapat dari dokter & internet, produksi asam lambung pada ibu hamil memang tinggi. Selain itu, gw punya riwayat sakit maag yang lumayan berat, yang bisa bikin gw ga bisa berdiri ketika produksi asam lambung sedang tinggi karena rasa sakitnya terasa hingga ke punggung. Alhasil, karena dugaan itu, dokter gw menyarankan gw untuk makan atau ngemil setiap 2 jam sekali. Gw pun saat itu tidak disarankan untuk ikut berpuasa Ramadhan. Aktivitas gw di kantor yang sebagian besar hanya duduk di depan komputer terasa menyiksa. Tidur pun bukan aktivitas mudah karena nyaris setiap malam gw baru bisa tidur jam setengah 3 dini hari & udah harus bangun lagi 3 jam kemudian untuk berangkat kerja. But then, ternyata hingga bulan keempat hamil & sakit punggungnya ga kunjung hilang, gw mencoba berdamai saja dengan rasa sakitnya. Alhamdulillah suami selalu siap siaga untuk mijetin punggung gw. *Maaciy, suamikuuu..*

Kecuali sakit punggung itu, gw ga mengalami keluhan lain seperti muntah-muntah. Paling cuma agak sensitif sama bau-bauan yang gampang bikin mual, tapi ga sampe muntah. Gw juga nyaris ga ada masalah sama makanan kecuali nasi putih. Hahahaha… Pokoknya waktu itu gw sangat tidak berselera makan nasi putih, bikin eneg soalnya. Alhasil ada suatu masa dimana nyokap gw di rumah cuma masak nasi liwet & manusia seisi rumah terpaksa harus ikutan makan nasi liwet setiap hari.πŸ˜›

Trus gw ngidam apa? Ga tau itu ngidam ato cuma lagi pengen manja aja, gw pernah kepengen banget makan soto betawi, soto mie & ramen. Tipikal makanan kuah panas pedas yang bisa bikin segar & ngilangin mual aja sih sebenarnya. Ga cuma gw, suami gw juga sempet mengalami ngidam. Di minggu awal kehamilan gw, suami gw pernah tiba-tiba ngotot ke Superindo dekat rumah jam setengah 10 malam cuma untuk beli mangga.:mrgreen:

Alhamdulillah, drama-drama di trisemester pertama bisa dilewati dengan lancar. *We did it well, Kakak Bayi!!* ^^

Tabel Kontrol Rutin

Tanggal Kontrol

Minggu Kehamilan

Panjang Janin

28 Juni 2013 5w 2d 1.12 cm
8 Juli 2013 6w 5d 2 cm
3 Agustus 2013 10w 3d 3.6 cm
21 Agustus 2013 13w 0d 7.19 cm
16 September 2013 16w 5d 10.6 cm

7 Responses to Trisemester 1: Drama..

  1. amelkucing says:

    Happy, so very happy for you Vin *cipoks*

  2. frozzy says:

    Due date kapan vin ? aaaah,… sebentar lagi jadi mommy….tapi itu yah tetep si kakak bayi diajaknya ke candi, hihihihi

  3. quinie says:

    iya, gua juga awal2 hamil tidurnya cepet mulu. Jam 8 udah teler trus tiduran bablas sampe pagi.
    pegel2 juga kadang dan pasti laki gua juga yang kudu mijitin *abisan siapa lagi?!

    ngidam, laki gua yang ngidam rujak mangga di siang2 bolong bulan ramadhan. gua jg sama ga puasa kaya lu karena lagi masa pembentukan otak si baby.

    melankolis, baru2 ini aja, tapi akhirnya gua merasa bersalah sendiri. kesian laki gua. ahahaha.

    itu, beneran lu hamil2 ke candi juga? suppperrr sekaliii.

    itu tabel kontrol rutin kok ga ada beratnya? gua malahan yang di record berat si babyπŸ˜€

    tgl 18 gua kontrol loh. lu kaga kontrol yak?

    • Vinna says:

      itu ke candi pas sekalian pulang mudik lebaran, tu.. biar anak gw kenal candi dari masih janin..πŸ˜€

      emang udh bisa ketauan beratnya ya sebelum minggu 20? kt dr. ayu sih smpe minggu 16 yang diukur panjangnya, di atas minggu 20 baru bs diukur beratnya..

      gw kontrol tgl. 25, hehehe..πŸ˜€

      • quinie says:

        busettt emaknya sudah memperkenalkan candi sejak diniπŸ™‚.

        biasanya dokter gua ngukur diameter kepala dan perut, trus si alat usg yang mengkonversi ke berat deh.

        hohohoho… kita ga ketemuan deh minggu ini di RSπŸ™‚

Leave a Reply

