10 Kotak Seserahan Itu..

Seserahan, this is my favorite part!! ^^

Saat mulai ngurusin persiapan nikah, seserahan adalah topik yang pertama kali gw browsing secretly. Kenapa deh secretly? Karena takut ketauan ama calon suami klo gw mupeng. Hahahaha… Gimana ga mupeng ya, ini adalah moment dimana shopping unnecessary things is ABSOLUTELY LEGAL & FREE.:mrgreen:

Setelah baca referensi apa aja sih barang-barang seserahan itu, gw pun mengajukan daftar barang-barang yang gw inginkan kepada calon suami. Berhubung calon suami gw merantau sendirian di ibukota, jadilah gw sendiri yang menentukan merk, model & warna barang-barang seserahan yang gw mau. Harganya juga terserah? Err, ngga sih, yang penting harganya masuk akal lah.🙂

Lucunya, sebelum gw mulai nyicil belanja isian seserahan, gw malah beli kotaknya duluan. Kotak-kotak itu gw beli di bawah stasiun Cikini. Pertama kali dateng ke sana & dihadapkan sama pilihan kotak & keranjang seserahan yang buanyak banget ragam & macamnya itu beneran bikin galau. Baru di kunjungan kedua, gw nemu kotak macam apa yang gw mauin. Berhubung niat gw waktu itu mau sekalian belajar hias seserahan sendiri, jadilah gw beli kotak seserahan dengan tutup yang di tengahnya dilapis plastik elastis (bukan mika) sehingga isian kotak di dalamnya masih bisa keliatan. Buat jaga-jaga kalo akhirnya gw ga punya waktu untuk beneran menghias, barang-barang seserahannya ga akan berantakan karena kotaknya bisa ditutup. Oiya, kotak seserahan tertutup juga masih bisa dipake lagi di kemudian hari. Final story of boxes, gw membeli 2 set kotak seserahan tertutup berwarna putih gading.

Trus, isiannya apa aja? Berhubung katanya seserahan itu harus berjumlah ganjil (entah kata siapa, pokoknya banyak yang bilang gitu), jadilah gw menentukan bahwa total seserahan dari calon suami untuk gw berjumlah 7 buah. Berhubung makna dari seserahan adalah sebagai simbol dari pihak lelaki atas kesanggupan untuk memenuhi kebutuhan calon istrinya kelak, maka inilah isi 7 kotak itu:

  1. Perlengkapan ibadah >> mukena, sajadah & AlQuran
  2. Perlengkapan kerja >> sepatu, tas & dress batik
  3. Perlengkapan traveling (baca: nyandi) >> flat shoes, tas, tshirt & pashmina
  4. Handuk & pakaian dalam >> cukup jelas lah ya apa kira-kira isinya🙂
  5. Perlengkapan mandi >> sabun mandi, sabun muka, shampoo, conditioner, body lotion, dll. 
  6. Perlengkapan make-up >> bedak, eyeliner, mascara, lipstick, aneka kuas, dll. 
  7. Makanan

Ada seserahan balasan untuk calon suami ga? Hehe… Ada, tapi cuma 3, dengan alasan karena katanya (entah kata siapa, pokoknya banyak yang bilang gitu) seserahan untuk pihak lelaki ga boleh lebih banyak daripada untuk pihak perempuan. Dan karena makna seserahan untuk pihak lelaki adalah simbol kesediaan dari pihak perempuan untuk melayani keperluan suaminya kelak, maka ini isian 3 kotak dari gw untuk calon suami gw:

  1. Perlengkapan mandi
  2. Makanan
  3. Buah-buahan

Lalu apakah gw berhasil menghias sendiri? Yes, i did it. Hiasannya terbilang sederhana kalau dibandingin dengan hiasan seserahan pada umumnya, but hey Less is (always) More for me. ;) Gw cuma membutuhkan gulungan pita emas, hiasan bunga-bunga, double tape & lem tembak. Gulungan pita & hiasan bunga-bunga bisa dicari di pasar Jatinegara. Sedangkan double tape & lem tembak hampir selalu ada di toko buku atau toko ATK.

Selain seserahan, bawaan pihak lelaki untuk pihak perempuan selain seserahan biasanya adalah perhiasan, cincin lamaran atau uang tunai. Berhubung gw ga terlalu suka pakai perhiasan, uang tunai menjadi pilihan calon suami gw. Nah, uang tunai itulah yang kami sebut uang susu. Uang susu itu disimpan di dalam kotak yang berbeda dengan kotak seserahan, kotak ini juga gw hias, sayangnya lupa difoto.😛

Inilah cerita seserahan gw. Happy hunting & shopping, wahai CPW & CPP!!🙂

Lamaran 130113

13 Responses to 10 Kotak Seserahan Itu..

  1. Avant Garde says:

    wakakakaka … pengantin kocak😀

  2. dyanita says:

    trims bgt infonya yaaa🙂

  3. Ini sbenernya adat dr daerah mana sih mbak???
    di Palembang jg ada seserahan, mas kawin duitnya dibingkai n dibentuk macem2 juga biasanya…

  4. lita says:

    qreen mba..nti aq ,,jg mau kayak gitu..ijin nyontek dikit yaa pengalamannya hee

  5. adhy prasetyo says:

    Makasih mbak infonya. Pentng nih bg buat yang mau nglamar

  6. I'ah syariah says:

    Like… udah ada gambaran nih bt nanti persiapan sy meried,thanks ea…😉 Ceritanya lucu,perjuangannya bener2 ya…?karna ngerjain smuanya sendirian… Kreatif bnget,,,🙂 ;-D

  7. Neshya says:

    Mba, itu di isi dalem kotaknya, alasnya pake kain sutra atau apa gitu?
    Makasih🙂

Leave a Reply

