Review: Relief Kekasih – Kris Budiman..

Masih ingat tulisan gw beberapa waktu lalu yang berjudul Lumbini & Lumbini? Lumbini adalah novel istimewa karya mas Kris Budiman. Kenapa istimewa? Istimewa karena entah mengapa gw merasa sangat dekat dengan ceritanya. Gw merasa bahwa ada sebagian diri Ratna di dalam diri gw. Haha!!:mrgreen:

Anyway, mas Kris Budiman di tahun 2012 ini sudah mengeluarkan karya terbarunya. Bukan, karya ini bukanlah novel terusan Lumbini yang sebenarnya sangat gw tunggu-tunggu. Buku ini adalah sebuah kumpulan puisi & sketsa, judulnya Relief Kekasih.

Walaupun bukan novel yang gw tunggu, buku kecil ini lagi-lagi datang di saat yang tepat, persis ketika Lumbini tiba di tangan gw dulu. Setelah mengalami beberapa minggu berat yang mematikan rasa & energi, buku Relief Kekasih datang tepat waktu untuk menemani.

Menurut gw, puisi-puisi Relief Kekasih ini sungguh sarat akan rasa rindu. Ada banyak kerinduan yang muncul dari ruang-ruang kosong hati & imajinasi gw setelah membacanya. Selain rindu, ada juga semacam perpaduan rasa antara nelangsa & bahagia. Seperti mendua. Puisi berjudul “Berangkat” adalah kesukaan gw. Puisi inilah yang paling mewakili seluruh rasa tadi, rindu, nelangsa & bahagia.

Lalu sketsanya, sketsanya membawa kerinduan yang dashyat untuk gw. Setiap helai coretannya mampu membuat imajinasi gw berangkat menuju sebuah candi, seperti seakan sedang menyentuh kasarnya bebatuan candi, baik yang berelief maupun tidak. Seperti sedang menyentuh kekasih.

Dan lagi-lagi buku ini, Relief Kekasih, terasa sangat dekat dengan gw. Sendu dan rindu, syahdu.

“Thank you, mas Kris Budiman.”  :)

2 Responses to Review: Relief Kekasih – Kris Budiman..

  1. Triunt says:

    Ini mana contoh puisinyaaa😀
    btw itu cover bukunya bagus banget.
    coba isinya cerita2 tentang cerita dibalik candi😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: