(Akhirnya) Semarang – Day 1 (01/05/10)..

Sudah sejak pertengahan tahun 2009 sebenarnya gw pengen mengunjungi ibukota Jawa Tengah ini, tapi nyatanya sampai 2009 berakhir rencana itu belum terlaksana. Tiba2 di tengah April 2010 kemarin, sobat dekat gw beride untuk ke Semarang & singkat cerita, pergi lah gw bersama sobat gw yang bernama Yuli Frina beserta adik bungsunya yang gw panggil Peppy. Berhubung segi keuangan sedang mengalami krisis tapi kami tetap pengen jalan-jalan, maka kami memilih transportasi eksekutif termurah yaitu bis malam. Kami naik bis Safari Dharma yang berangkat hari Jumat, 30 April 2010 tepat pukul 3 sore dari pool di Kebayoran Lama. *Psstt.. Ini adalah pengalaman pertama gw naik bus malam!! :D* Setelah melewati kurang lebih 12 jam di perjalanan dengan 1x makan malam gratis di daerah Indramayu, kami pun tiba di kota tujuan pada Sabtu, 1 Mei 2010 pukul 2.45 dini hari di kantor agen Safari Dharma di Jl. Dr. Cipto. *Semarang, saya hadir!!* ^^ 

Setelah muter2 mencari penginapan dengan 2 unit becak, kami pun akhirnya sepakat untuk menginap di Hotel Djelita yang terletak di Jl. MT. Haryono No. 32-36. Dan jam berapakah kami dapat hotel itu? Jam 5.10 menit sodara2..😀 Setelah menaruh barang-barang & bersih-bersih, gw & Yuli langsung lanjut untuk putar-putar di kawasan Kota Lama Semarang yang berjarak beberapa ratus meter dari hotel hingga pukul 8.15 pagi. Perjalanan dilanjutkan siang hari dengan tujuan landmark-nya kota Semarang yaitu Gedung Lawang Sewu. 

Berdasarkan papan informasi, gedung ini selesai dibangun pada tahun 1908 yang difungsikan sebagai kantor pusat Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NIS). NIS adalah semacam perusahaan swasta yang mendapat mandat dari pemerintah kolonial untuk menghubungkan daerah pertanian di Jawa Tengah dengan kota pelabuhan Semarang. Dinamakan Lawang Sewu oleh masyarakat sekitar karena banyaknya pintu di gedung ini. Status kepemilikan gedung saat ini adalah milik dari PT Kereta Api Indonesia (KAI). Sebenarnya, rasa penasaran terbesar gw akan gedung ini adalah zona bawah tanahnya yang kata orang seringkali banjir itu. Tapi sayangnya saat gw ke sana, petugasnya bilang bahwa zona bawah tanah tidak diizinkan lagi untuk dimasuki oleh wisatawan sejak tahun 2010 ini. *Haehhh..* Jadi seperti apa the famous Lawang Sewu itu? Seperti beberapa foto di bawah inilah kira-kira.. 

Lawang Sewu (1)

Lawang Sewu (2)

Kemana setelah ini? Vihara Sam Poo Kong adalah tujuan selanjutnya. Sayangnya kamera saya, si fuXy, kehabisan energi alias low battery. *Lowbat koq di saat yang tidak tepat sih, Dek.. :(* Sebenarnya salah gw juga sih yang tadi pagi tanpa pikir panjang memaksa dia bangun dari tidur panjangnya sejak di Jakarta untuk nge-shoot video berdurasi 35 menit di kawasan Kota Lama. Jadilah momen Vihara Sam Poo Kong pun akhirnya terlewatkan. Padahal di vihara ini kami bertiga sempat melakukan ciamsie dengan 2 buah pertanyaan yaitu hal jodoh & hal karir. Lalu gimana hasil ciamsie-nya? Ciamsie nomer 2 yang gw terima bertuliskan bahwa jodoh gw belum keliatan alias masih jauh, sedangkan karir masih dalam definisi cukup baik. Well, mau percaya atau ngga akan hasil ciamsie ini adalah pilihan tiap2 individu. Gw pribadi sih beranggapan klo belum ketemu jodoh tandanya masih ada banyak hal yang bisa gw lakukan selama masa sendirian ini. *Antara positive thinking & menghibur diri sendiri emang beda tipis.. Xixixi.. :D*

Sam Poo Kong selesai, sekarang waktunya mengunjungi Toko Oen yang terletak di Jl. Pemuda. Toko Oen ini adalah salah satu objek wajib yang ada di daftar kunjungan gw di Semarang. Kenapa? Karena toko ini menyediakan menu es krim tradisional seperti di Ragusa – Jakarta atau di Tip Top – Yogyakarta, dan karena gw adalah pencinta es krim. ^^ Menu es krim pilihan gw adalah Oen’s Symphony yang terdiri dari masing-masing 1 scoop es krim rasa stroberi, kopi, cokelat, vanilla, nougat, soda & sejenis kue lidah kucing. *Slurrppp..* 

menu pilihan: Oen's Symphony..😀

Masih berlanjutkah? Tentuuu.. Gw mendapat referensi dari seorang teman tentang adanya event yang bernama Pasar Semawis, semacam pasar malam, yang diadakan 3x seminggu yaitu pada hari Jumat, Sabtu & Minggu di kawasan Pecinan. Kami tiba di sana sekitar pukul 7 malam & masih agak sepi. Jalanan yang berubah fungsi menjadi tempat stand-stand didirikan itu juga dihiasi lampion di kanan kirinya. Lampion-lampion itu bikin gw serasa bukan lagi ada di Indonesia. *Norak ya? Hehehe… *:mrgreen: Sepanjang jalan yang disebut Gang Warung itu berjejer ratusan stand mulai dari stand pakaian, aksesoris, mainan, ramalan hingga stand makanan. Stand yang gw sebut terakhir inilah yang paling menggoda, mulai dari stand makanan cemilan khas Semarang, Chinesse Food, sampai makanan nyeleneh macam bekicot rica-rica pun ada. Klo ga inget gajian masih 1 bulan lagi, gw pasti dah menjajal satu per satu stand-stand makanan itu. Tapi, mencoba 1 dessert lagi sepertinya ga masalah di dompet, ya kan?😀 Jadilah kami bertiga membeli 1 mangkok Mie Cool dengan rasa Blueberry, selain irit & seru makan 1 mangkok bertiga, kami khawatir rasanya kurang enak, jadi biarlah jajal 1 mangkok dulu aja. *Ngeles.. :P*

Pasar Semawis..

Lampion-lampion Pasar Semawis..

Dan dengan berakhirnya kunjungan kami ke Pasar Semawis, maka berakhir pula lah kunjungan Semarang hari pertama kami ini. Sekarang waktunya kembali ke hotel, mandi & istirahat untuk persiapan agenda besok.😀

4 Responses to (Akhirnya) Semarang – Day 1 (01/05/10)..

  1. mawi wijna says:

    lha pas saya BikePacking ke Semarang bulan Maret kemaren, pintu bawah tanah itu dibuka kok. Bisa dimasuki oleh umum dengan mbayar Rp 7.000 per orang.

  2. arman says:

    i always love semarang!!
    di toko oen itu makanannya juga enak2 lho… bistik lidahnya… wuii sedap!! *jadi laper*

    • Vinna says:

      hihi.. iya, mas.. aku jg sbnrnya pngen icip makanannya tp berhubung mau rncana mkn di tmpt lain makanya cm icip es krim ajah..

Leave a Reply

