Being Single..

“Masih single? Masa sih?”

“Koq betah sih jadi jomblo?”

“Single atau ga laku?”

“Kenapa sih Mba, koq nyarinya candi? Kenapa ga nyari suami?”

Kira2 inilah pertanyaan2 serupa yang belakangan ini sering banget gw dengar dari orang2 di sekeliling gw. Emangnya ada apa sih dengan status sendiri atau jomblo atau single atau ga punya pacar atau sebutan2 lainnya yang berarti sedang sendirian aja? Ada yang salah ya dengan status2 itu? Emangnya kenapa saat seseorang memilih untuk sendirian dulu? Apa salah klo seseorang sedang menikmati perjalanan hidupnya sendirian tanpa seorang pacar atau kekasih atau teman hidup atau apapun sebutan2 sejenis?

Jujur aja, saat ini adalah saat2 dimana gw sedang benar2 menikmati semua perjalanan hidup gw sendirian. Lepas dari semua alasan yang melatarbelakangi kenapa gw memutuskan untuk sendiri dulu, gw sangat enjoy dengan keadaan gw sekarang. Karena di saat2 seperti inilah gw menemukan banyak hal yang ternyata harus gw dahulukan daripada urusan2 hati. Karena jujur gw akui bahwa beberapa tahun belakangan ini, urusan2 hati cuma membuang2 energi dan waktu gw dengan percuma.

Lagipula menurut gw, status itu bukanlah suatu ukuran yang mempengaruhi image diri kita sendiri di mata orang lain. Emangnya sejak kapan sih status seseorang bisa dijadiin patokan mutlak tentang perilaku ataupun kedewasaannya? Apalagi klo mengejar status demi sebuah anggapan laku ataupun ga laku, ataupun demi hilangnya sebutan perawan tua di mata publik. Edan!! Emangnya diri kita ini barang dagangan apa? Emangnya keyakinan kita untuk menikah bisa tumbuh pada setiap orang yang kita temui? Dan klo misalnya nanti terjadi sesuatu yang buruk pada keputusan kita, emangnya publik mau bertanggung jawab karena di masa lalu telah ikut andil dalam mendesak kita, kaum wanita khususnya, untuk segera mengakhiri masa lajangnya karena sebutan2 yang ga enak didengar?

Terus terang ya, gw kadang suka dongkol sendiri klo baca status teman2 di FB dan YM yang isinya adalah meratapi dan mengeluhkan betapa malangnya nasib mereka karena sedang tidak punya pasangan. Emangnya ga punya pasangan semenyedihkan itu ya? Emangnya mereka ga bisa mengalihkan pikiran2 mereka ke hal2 yang lebih bermanfaat daripada cuma memusingkan masalah hati atau cinta2an? Kenapa juga ga bisa melihat kesendirian sebagai hal positif untuk meningkatkan kualitas diri sendiri yang mungkin ga bisa dilakukan saat sedang punya pasangan. Gw sendiri ngerasa bersyukur dengan kesendirian gw ini, karena gw jadi bisa ngasih waktu & materi untuk ngebahagiain nyokap gw yg belum tentu bisa gw lakuin di saat gw punya pasangan karena gw terlalu sibuk ma pasangan gw. Lagian ya, emangnya ada jaminan bahwa dengan mempunyai pasangan lantas kita akan bahagia? Hari gini koq masih menggantungkan kebahagiaan kita kepada orang lain.

Hehe.. Tulisan gw terkesan seperti love-haters ya? Ngga koq, gw ga membenci cinta atau lembaga pernikahan, dan gw juga ga tergabung dalam komunitas anti cinta atau sejenisnya. Gw cuma sedang menemukan banyak hal yang menarik selain percintaan antara pria dan wanita. Misalnya? Misalnya candi. *Hehe.. I found them more interesting lately.. :P* Ya ini bisa aja disamain ma hobi atau minat, dan fokus ma hobi kan memang selalu menyenangkan. Fokus ma sesuatu yang menarik juga ampuh banget koq buat ngusir rasa kesepian gw di saat teman2 gw lagi berasyik masyuk ma pasangan mereka, ataupun di saat nyokap gw tercinta lagi seru2an ma teman2 sekolahnya dulu dan kucing2 gw lagi pada kelayapan keluar rumah. *Sigh..*

Lagipula, most of the times, gw selalu kehilangan diri gw sendiri saat gw sedang terikat hubungan dengan seseorang. Mungkin gw cuma belum menemukan laki2 yang tepat untuk jadi partner gw, partner yang bisa membawa banyak hal positif untuk diri gw sendiri, keluarga gw dan hubungan itu sendiri, bukan cuma untuk menambah dosa dan buang2 waktu dan energi untuk hal2 yang ga perlu. Jadi, bagi orang2 di sekeliling gw yang sudah, masih dan akan menanyakan hal2 serupa seperti kutipan2 di awal tulisan ini, gw cuma bisa jawab: “In time, mohon doanya aja.. :D”

17 Responses to Being Single..

  1. Gandi Wibowo says:

    Yah… Gw kira mo nulis hasil jalan2nya….

    BTW ya udah Gw komentarin tulisan lu yg ini aja deh…

    “sendiri atau jomblo atau single atau ga punya pacar atau sebutan2 lainnya yang berarti sedang sendirian aja” (Minjem gaya nulis lu :D) itu gak salah kok dav. Tenang aja, banyak kok yg “sendiri atau jomblo atau single atau ga punya pacar atau sebutan2 lainnya yang berarti sedang sendirian aja” (jah nulis kayak gini bikin panjang Komen, pake istilah judulnya aja deh “single”). Tapi Gw sedikit kasihan sama lu karena setelah setengah abad lu baru bisa ngerasain nikmatnya single, baru tahu banyak hal yg lebih penting dan lebih baik dari pacaran (Gw pake kata pacaran buat ganti istilah “urusan2 hati” yang lu pake, karena Gw gak sepaham masalah ini **Jadi pengin nulis blog**).

    Status emang gak menggambarkan kedewasaan seseorang, n Gw juga gak setuju kalo cuma dengerin kata2 orang buat nentuin Hidup kita. Setiap pribadi harus jadi imam buat dirinya sendiri, tapi bukan berarti trus mengacuhkan pendapat2 orang. Terkadang, dibalik sebuah hinaan itu ada hikmahnya, juga kadang2 orang itu menasehati kita make sindiran, kataan, hinaan dan laennya. selama kata2 itu gak dianggap sebagai sindiran, kataan, dan hinaan pasti kita bisa nemuin hikmahnya.

    Gak punya pacar (Gw make kata pacar buat gantiin kata pasangan yang lu pake, karena (sekali lagi) pandangan Gw tentang kata ini gak sama ama lu**Jadi tambah pengin nulis blog**) Gak menyedihkan kok, dan gw setuju ama lu kalo masih banyak hal lain yg lebih bermanfaat yang bisa dijadiin pengalihan perhatian kita dari hal2 pacaran (Lagi-lagi kata2 lu Gw ganti, pacaran disini buat ganti kata2 “masalah hati atau cinta2an” yang lu pake **Jadi semakin pengin nulis blog buat bahas pendapat Gw tentang kata2 ini**).

    Gw Do’a in lu nemuin suami (Gw ganti lagi kata2 partner yg lu pake **Banyak amat ya kata2 yg lu pake tapi Gw gak sepaham**) yang diridhoi Allah, yang (Copas dari tulisan lu nih) bisa membawa banyak hal positif untuk diri lu sendiri, keluarga lu dan hubungan itu sendiri, bukan cuma untuk menambah dosa dan buang2 waktu dan energi untuk hal2 yang ga perlu.

    Tambahan aja dav buat renungan, Gw baru dapet nasehat (lewat sindiran dari junior Gw yang udah nikah) dia bilang:
    “Menikah itu menyempurnakan setengah agama kita”
    Dan kata2 itu dia kutip dari hadist, jadi jangan disanggah atau dipertanyakan lagi.

  2. nu abdi says:

    sesuatu yang wajar memang jika orang bertanya,,
    memaksimalkan kesendirian untuk meningkatkan potensi diri adalah point yg oke bgt.

    sesuatu itu akan datang ketika ketika kita tidak menyadarinya…

    status org2 yg di YM atw Fb itu?gw stuju bgt.
    kali pertama baca : “hmmm”
    kali kedua baca : ” mulai males”
    kali ketiga baca : ” mulai annoying”
    kali keempat dst : ” ni org ga bgt,hahahhaha”

    • duckiena says:

      nah.. mdh2an org2 yg mengumbar kemalangan nasib itu bs lbh mnikmati ksendiriannya.. amin.. hehehe..πŸ˜€

  3. wijna says:

    masak sih sekali-kali gak merasa kesepian atau butuh perhatian dari cowok mbak?

  4. salut mba…
    tetaplah menjomblo, hingga saat itu tiba.

    • Vinna says:

      eh ini toh yg namanya ipin.. qta blm knalan kan? *smbil nyodorin tangan buat salaman* hehe.. iya, makasih yaa..

  5. eh, kok nama blognya ada “212”-nya?
    kaya di emailku.
    apa artinya itu mba?

  6. Real Romanisti says:

    Good thinking..
    One word for you: Verve!
    Just be patient..
    One day, he will come to you..

    Rgds,
    UltrasROMA

  7. Diah says:

    jiiiiiiaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhh…… ada yg curcol neeehhhh…. ehehehehhehehhehe

  8. essajiwa says:

    setuju vin, dah gw buktikan… wehehehe..

  9. rilia95 says:

    ck,,,ck,,,ck,,,
    *decakan kagum karna: ga disangka pin,,,pemikiran lo uda mulai maju juga sekarang,,,
    padahal gw begini sekarang ini karena terpengaruh lo sebelum sekarang… (nampak ribet ri kalimatnya,,)
    ya gitu deh pokonya,,

    hmmm,,,jadi (teteup) sekiranya kapan saat itu tiba,,??

    • Vinna says:

      ayo ri, lo pasti bs survive koq!! jgn pnah putus keyakinan klo Allah pasti paling tau apa yg tbaik buat qta..

      enjoy our single life while we can.. ^^

      *cupcupmuahh*

Leave a Reply

